fbpx
Bye Bye Setres… Berikut 10 Tanaman Pengharum Ruangan

Bye Bye Setres… Berikut 10 Tanaman Pengharum Ruangan

Ketika rutinitas pekerjaan, kampus atau sekolah terkadang membuat setres dan ingin langsung pulang karena sesuai samboyan “Rumahku adalah Surgaku”. Jadi ketika sampai rumah yang kita butuhkan adalah relaksasi untuk menghilangkan setres. Salah satu relaksasi didalam rumah adalah menciptakan suasana rumah dengan aromaterapi atau pengharum ruangan yang alami. Untuk menciptakan wangi yang segar dan harum di dalam tempat anda beraktivitas sehari-hari anda perlu menambahkan tanaman hias yang mengahasilkan aroma aroma yang segar dan harum. Nah, daripada menggunakan pengharum ruangan sintesis berbahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan, lebih baik anda menanam bunga pengharum ruangan alami.


Membawa tanaman hidup ke dalam ruangan itu adalah trik yang digunakan oleh desainer interior selama bertahun-tahun. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman tertentu dapat membersihkan ruang hingga 89% dari VOC berbahaya seperti formalin dan xilena. Selain itu tanaman ini juga mampu menetralisir bau asap rokok dalam ruangan. Kali ini kita akan memberikan tips tanaman apa saja yang memiliki aroma Harum alami sekaligus bisa mempercantik ruangan anda.

1. Gardenia

Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan kacapiring. Bunga yang mirip dengan bunga melati ini juga berwarna putih. Aroma gardenia wangi sekali dan cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan di dalam rumah anda. Anda bisa merangkai atau mencangkok tanaman gardenia untuk ditanam atau dipajang di ruangan yang Anda inginkan seperti dapur, kamar mandi ruang keluarga inginpun ruang kerja. Juga berfungsi untuk menghilangkan racun berbahaya seperti aseton, amonia, etil asetat, dan xilena yang tercemar melalui udara. Selain menghasilkan aroma yang harum bunga ini memiliki keunggulan yakni tidak mudah rontok dan juga jika ada ingin mendapatkan warna yang lain anda cukup menambahkan pewarna pada rendaman bunga.

2. Lavender

Pasti semua sudah tau bunga satu ini bunga cantik bewarna ungu menghasilkan aroma yang lembut tentunya sangat cocok untuk penghilang setres. Anda bisa menggunakannya sebagai pengharum ruangan sekaligus pengusir nyamuk. Konon kata iklan sih bisa membuat nyamuk takut untuk mendekat. Bunga lavender dalam keadaan kering pun masih memiliki aroma yang segar. Jadi, Anda bisa memotong beberapa tangkai bunga kemudian ditaruh di samping tempat tidur. Tuh kan selain untuk pengharum ruangan bunga lavender yang sudah keringpun bisa digunakan untuk mepercantik tambilan ruangan jadi bisa instagramable banget buat anda.

3. Palem Hias

Selain sangat cantik untuk penghias tanaman di dalam rumah, tanaman ini memiliki aroma yang fresh. Tanaman keluarga sawit yang juga dikenal sebagai Arecaceae atau Palmae, sangat populer dan sangat mudah untuk di dapat. Terdapat banyak jenis tanaman palem, diantaranya adalah palem sadeng, palem putri, palem jenggot, palem kanari dll. Tapi tanaman palem yang biasa digunakan sebagai material untuk indoor adalah Palem kuning, palem putri, palem wergu, palem Pheonix. Palem hias dikenal sebagai pembersih udara alami. Palem hias khusus menargetkan dan menghapus formaldehida, benzena dan karbon monoksida yang sangat membantu jika seseorang dalam lingkungan perokok.

4. Bunga Mawar

Mawar selain dijadikan sebagai simbol untuk menyatakan perasaan kepada yang terkasih, ternyata digunakan untuk menjadi pengharum ruangan alami. Tentu sudah banyak yang tau bahwa bunga mawar memiliki bunga yang cantik dan aroma yang lembut dan harum. Anda bisa menaruh beberapa tangkai mawar ke dalam vas bunga dan biarkan keharumannya menyebar. Selain aroma yang lembut dan harum bunga ini terhitung bunga yang tidak gampang rontok atau tahan lama jika perawatan tepat.

5. Garanium

Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan dalam keluarga Geraniaceae. Aroma bunga dari tanaman ini sangat manis dan bersifat menenangkan. Maka tak heran, bunga ini dijadikan sebagai salah satu bahan ketika seseorang melakukan perawatan memanjakan tubuh dan menenangkan pikiran. Aroma dari tanaman geranium ini perpaduan antara mawar, cokelat, pala, lemon dan jahe. Jika Anda penasaran dengan aromanya sangat mudah, cukup dengan memetik daunnya dan oleskan pada tangan anda. Sayangnya tanaman ini hanya bisa tumbuh pada media tanah dengan kualitas yang subur dan suhu udara dingin. Butuh keahlian khusus untuk membuat tananan ini tetap hidup di dalam ruangan.

6. Lidah Mertua

Tanaman satu ini memang tidak beraroma yang harum namun sangat bermanfaat sekali untuk pembersih udara di dalam ruangan anda. Tanaman hias daun ini bentuknya meruncing menyerupai tanaman lidah buaya dan tergolong dalam kategori tanaman yang perawatannya mudah. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap debu. Sangat disarankan untuk meletakkan tanaman yang satu ini dalam ruangan pribadi anda. Tanaman lidah mertua ini mampu menyerap racun, polusi udara serta debu-debu yang bersarang di dalam rumah.

7. Kaktus

Selama ini tanaman kaktus identik dengan tanaman berduri dan tanaman yang bisa bertahan hidup dengan sedikit air saja. Lalu, siapa sangka kalau ternyata tanaman dalam ruangan yang berukuran kecil ini bisa menciptakan udara segar yang sangat dibutuhkan manusia. Selain itu, kaktus juga mampu mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Sangat cocok diletakkan di meja kerja atau meja belajar.

8. Sweet Alysum

Lobularia Maritima atau bunga sweet allysum adalah salah satu bunga yang wangi dan harum dari keluarga Brassicaceae. Bunganya sendiri berwarna putih dengan struktur batang yang sangat rendah. Aromanya yang manis mampu menciptakan energi damai dan keseimbangan antara emosional. Bunga ini tergolong bunga yang harganya cukup mahal. Sayangnya bunga ini masih jarang dibudidayakan padahal keharumannya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik dan parfum.

9. Melati

Bunga yang di Indonesia diidentikan dengan mistis ini sesungguhnya memiliki aroma yang sangat harum sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami sekaligus sebagai aromateraphy bagi anda. Melati merupakan bunga hias dari jenis tanaman perdu yang memiliki bunga seperti bintang kecil berwarna putih bersih. Selain beraroma harum bunga ini tergolong bunga yang tidak mudah rontok maupun cepat busuk. Cukup potong meruncing bagian ujung batangnya dan letakkan pada vas yang berisi air.

10. Sharry Baby

Sharry baby adalah jenis tanaman anggrek yang sangat mudah untuk dirawat dan cepat menghasilkan bunga. Anggrek Oncidium Sharry Baby memiliki warna merah ati dan putih. Saat berbunga, bunga anggrek ini terasa wangi dan tahan lama, anggrek ini juga mampu beradaptasi di daerah panas maupun sejuk. Bagi kamu yang menginginkan wangi bunga masuk ke dalam rumah, maka bunga ini adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena sekali tertiup angin, maka wangi bunga dapat masuk ke dalam rumah dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Follow Us

Call Us

(0341) 306 2086

Working Hours

Senin – Minggu
09.00 – 16.00

2019  © djagadland.com  |  Official Site of D’Jagad Land Group