fbpx
Tips Mengatasi Kebocoran Rumah Saat Musim Hujan

Tips Mengatasi Kebocoran Rumah Saat Musim Hujan

Tak terasa kini sudah masuk musim penghujan. Masalah yang biasa terjadi pada rumah yang kurang perhatian saat musim hujan adalah rumah yang bocor. Air hujan, bisa merembes masuk ke dalam rumah dengan berbagai cara. Kebocoran sangat mengganggu kenyamanan dan kebocoran yang terjadi terus menerus dapat membuat atap rumah lapuk dan membahayakan anggota keluarga yang tinggal didalamnya.

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kebocoran pada saat hujan, yaitu :

1. Memperhitungkan kemiringan atap pada saat anda membangun rumah

Hal tersebut harus dilakukan karena jika tingkat kemiringan tidak sesuai dengan yang seharusnya akan menyebabkan rumah anda mengalami kebocoran. Tingkat kemiringan pada umumnya yaitu 30-40 derajat. Selain itu anda juga harus mengurangi sambungan pada atap, karena potensi kebocoran akan semakin tinggi jika banyak sambungan disana.

2. Benahi posisi susunan genteng rumah

Kebocoran rumah juga bisa terjadi dari susunan genteng yang berantakan dan menimbulkan celah air hujan untuk masuk. Oleh karena itu, rapikan letak genteng hingga posisi presisi dan lurus. Apabila ditemukan genteng yang rusak atau pecah, segera ganti bagian atap itu dengan genteng yang baru, namun memiliki warna yang sama.

3. Tambal bagian yang retak dengan pelapis anti bocor

Jika terjadi retak atau jarak pada atap rumah, maka anda harus segera memperbaikinya. Anda dapat menambal bagian retak tersebut dengan pelapis anti bocor yang kini banyak beredar di pasaran. Jika dibiarkan air hujan akan masuk ke dalam rumah anda melalui celah tersebut dan menyebabkan plafon dirumah anda akan mudah lapuk sehingga dapat membahayakan keselamatan keluarga Anda.

4. Cek seluruh bagian talang jika terjadi rembesan di dinding

Talang air yang rusak seringkali menjadi sumber masalah dari bocornya rumah sehingga dinding rumah juga akan ikut rusak karena menjadi korban rembesan tersebut. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengakibatkan dinding rusak dan membuat warna pada dinding pudar.

5. Pasang kanopi diluar pintu dan jendela

Saat hujan, tentu ada kemungkinan air hujan merembes melalui celah pintu dan jendela. Salah satu cara untuk mengantisipasinya Anda bisa memasang kanopi diluarnya. Selain untuk menghindari rembesan air melalui celah pintu dan jendela, kanopi juga bisa mencegah tempias air hujan masuk kedalam rumah.

6. Cek pipa drainase air dari atap

Pipa drainase yang kotor bisa menyebabkan pembuangan air hujan dari atap tersumbat. Pastikan sirkulasi pipa pembuangan air dari atap lancar sehingga tidak terjadi genangan air yang dapat menyebabkan kebocoran akibat volume air di atap dan talang overload.

Demikianlah langkah- langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kebocoran. Semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan pada rumah bocor anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Follow Us

Call Us

(0341) 306 2086

Working Hours

Senin – Minggu
09.00 – 16.00

2019  © djagadland.com  |  Official Site of D’Jagad Land Group