fbpx

Mana Yang Penting! Beli Rumah Dulu, Atau Beli Tanah Dulu?

beli rumah online gratis
beli rumah online gratis


Jika disuruh memilih antara tanah atau rumah, mana yang akan Anda pilih? Kebingungan pasti melanda karena keduanya sama-sama penting, sama-sama dengan harga mahal, dan bisa dijadikan investasi di hari tua.

Melihat dari segi kemudahan ketika menjual juga sama, tidak ada satu orang pun yang tak ingin membeli tanah ataupun rumah jika suatu saat mereka mempunyai uang. Terlebih lagi sekarang ini, harga tanah dan rumah yang semakin melambung tinggi akan semakin membuat Anda harus cepat-cepat membeli sebelum harganya semakin mahal dan naik di 2 hingga 3 tahun mendatang.

Tapi kembali lagi, aset mana yang harus didulukan? Tanah atau rumah? Nah, dibawah ini adalah edukasi tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda simak, 

Kelebihan Dan Kekurangan Tanah dan Rumah 


1. Harga masing-masing aset berbeda signifikan 

situs jual beli rumah online gratis - Promo Tipe 36
situs jual beli rumah online gratis – Promo Tipe 36


Baik tanah maupun rumah, keduanya memiliki harga berbeda, dimana harga tanah cenderung lebih murah dibandingkan rumah. Hal yang wajar karena tanah hanya berupa lahan kosong yang tidak menghabiskan sepeser pun untuk proses membangun, sementara rumah sudah siap huni.

Dari segi harga, tanah memang unggul. Tapi, Anda perlu untuk menyiapkan sejumlah uang agar suatu hari bisa menjadikannya sebagai tempat tinggal kalau memang ingin ditempati. Kalau hanya untuk investasi saja, maka tidak perlu karena tanah kosong saja sudah menjanjikan untuk masa depan.

2. Biaya perawatan

situs jual beli rumah online gratis - nge cat rumah
situs jual beli rumah online gratis – nge cat rumah

Keduanya sama-sama memiliki biaya perawatan, tetapi untuk nominalnya tergantung dari berapa luas yang perlu dirawat. Secara keseluruhan, biaya perawatan tanah lebih murah karena tidak ada yang perlu diperbaiki, kecuali untuk menjaga kesuburan tanah itu sendiri.

Sementara untuk rumah, Anda harus memakai jasa orang untuk bersih-bersih dan mengurus rumah, memperbaiki dinding yang rusak, lampu, genteng, hingga perabotan yang sudah usang. Jika kenyatanya ingin menghemat pengeluaran, maka tanah adalah opsi yang tepat untuk Anda miliki.

 

3. Fungsi dan kegunaan utamanya

situs jual beli rumah online gratis - Fungsi Rumah
situs jual beli rumah online gratis – Fungsi Rumah

 

Meski sama-sama berjenis properti, namun kegunaan keduanya berbeda. Jika Anda sedang mencari tempat tinggal, maka rumah adalah opsi yang paling pas karena Anda tinggal bayar, datang, dan bisa langsung menghuninya. Anda tidak perlu menyiapkan biaya tambahan untuk renovasi ataupun menambah bagian apa pun. 

Sedangkan untuk tanah, Anda harus menyiapkan sejumlah dana jika ingin membangunnya. Tapi lebih enaknya, bukan hanya rumah saja yang bisa dibangun. Jika tanah yang dipunya sangat luas, Anda juga bisa membangun tempat usaha dan mengembangkannya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

4. Tentang Legalitas

Untuk masalah legalitas, rumah akan menjadi lebih praktis daripada tanah. Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk mengurus surat atau dokumen rumah karena semuanya sudah diurus oleh developer, sesuai dengan kesepakatan.

Singkatnya, Anda tinggal terima bersih dan bisa langsung menempati rumah kapanpun diinginkan. Lain halnya dengan tanah yang surat dan dokumennya harus diurus sendiri. Anda juga harus meminta bantuan notaris untuk mengurus legalitas tanah yang ingin dijadikan sebagai rumah. Tentunya, akan ada sejumlah uang yang dikeluarkan selama pengurusan surat-menyurat, termasuk untuk membayar upah notaris itu sendiri.

 

5. Konsep bangunan

situs jual beli rumah online gratis - 3D bangunan
situs jual beli rumah online gratis – 3D bangunan

 

Jika yang dibeli adalah tanah, maka Anda punya kesempatan untuk merancang konsep bangunan seperti yang diinginkan. Anda bisa menambahkan bagian-bagian tertentu yang sama sekali tidak dibangun oleh developer, seperti balkon atau yang lainnya. Selagi budget mencukupi, bisa membangun apa saja pada tanah yang dimiliki.

Sementara jika langsung membeli rumah, Anda tidak punya hak apa pun untuk mengubah konsep bangunannya karena semuanya sudah ditentukan oleh developer. Berbeda lagi jika rumahnya sudah menjadi hak milik, maka Anda akan bisa merombaknya sesuai dengan keinginan. Tapi dengan syarat, harus mengeluarkan uang tambahan lagi.

Namun, untuk Anda yang menginginkan membeli unit rumah tapi males harus desain sendiri dan males mencari jasa tukang yang dipercaya, Anda bisa membeli unit Rumahnya di Djagadland saja, selain konsep villa dan bangunannya yang berkualitas, lokasi Djagadland ini berada di lokasi yang sangat strategis. Sehingga cocok untuk Anda yang akan menjadikannya sebagai hunian ataupun menjadikan rumah tersebut sebagai rumah singgah.

Dengan program Sewa-kelola yang ada,dipastikan rumah Anda akan tetap terawat meskipun tidak Anda huni dalam waktu yang lama. Andapun berkesempatan mendapatkan Passive income setiap bulannya dari program penyewaan villa tersebut.

Jadi, sudah bisa menentukan untuk membeli rumah atau tanah dulu? Jika jawabannya adalah membeli rumah, langsung aja hubungi team executive marketing kami di nomor berikut ini ya, karena bulan ini ada promo menarik dan THR dari Djagadland yang akan sangat menguntungkan Anda.

Cek juga harga rumah kami di malang harga 100 jutaan : https://www.dparkcity.com

KONSULTASI MENGENAI PROPERTY GRATIS