fbpx
Operasional Excellence

Operasional Excellence

Operasional Excellence

Bismillah…
Assalamualaikum insan Djagad. Masuk pekan ke tiga agenda rutin dalam rangka menjalankan komitmen perusahan terhadap karyawan kami agar bisa terus bertumbuh dan menebar banyak kebermanfaatan, agenda rutin pekanan yang dilaksanakan setiap hari Senin dengan berpuasa sunnah dan mewajibkan seluruh karyawan turut hadir dalam acara Upgrading pada pukul 16.00-Selesai (Berbuka puasa bersama) yang diadakan di kantor pusat Djagadland Singosari.

Tema di Senin, tanggal 22 Maret 2021 ini mengangkat judul “Operasional Excellence”, yang dibawakan oleh pemateri Bapak Rofik Bahtiar beliau selaku Owner di www.jagobisnisinstitute.com. Bagaimana cara kerja sistem operasional excellence dan apa manfaat adanya sistem ini? Yuk, baca lebih lanjut hasil rangkuman materinya berikut ini.


Operasional excellence

Setelah Bapak Rofik menjelaskan dan memberitahukan kepada seluruh karyawan Djagad land yang hadir dalam acara Upgrading kemarin, bagaimana sehari-harinya beliau bekerja, bagaimana selama ini beliau melakukan aktifitas sehari-harinya di kantor, mengenalkan ruangan kerja beserta seluruh karyawan yang ada pada perusahaannya. Bagaimana beliau memperlakukan karyawannya ketika di perusahaan juga apa apa saja yang harus dilakukan karyawannya selama bekerja.

Tentang bagaimana elemen atau kunci penting yang akan memastikan Operational Excellence dalam suatu perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Dalam pemaparannya, Bapak Rofik pun menjelaskan tentang pentingnya EFISIENSI dan EFEKTIVITAS yang selama ini banyak diidam-idamkan oleh para manager operasional perusahaan.

Bagaimana sebuah operasional bisa menjadi efektif dan efisien yang akhirnya tidak memiliki sumberdaya yang akan terbuang sia-sia dalam setiap operasionalnya. Itulah kenapa sebuah Operasional Excellence menjadi sebuah konsep manajemen yang berkembang karena tidak adanya sesuatu dari pekerjaan yang tidak berguna.

Sistem ini tidak hanya bekerja untuk beberapa proyek, namun juga akan menghubungkan secara langsung dari satu proyek pada seluruh nilai pekerjaan yang berhubungan dan bisa memberikan nilai dari peroyek itu sendiri. Pada kenyataannya, operational excellence bertujuan memiliki keunggulan yang kompetitif dan membantu untuk bisa bersaing dan berkembang.

Lantas, bagaimana sebuah perusahaan bisa dengan mudah memiliki keunggulan yang kompetitif? Semuanya bisa terjadi dengan beberapa langkah berikut ini:

Memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan
Responsif, fleksibel dan cepat
Bisa diandalkan dengan memenuhi semua persyaratan secara konsisten dan berlanjut
Untuk bisa tercapainya tiga poin tersebut, perusahaan juga sangat disarankan untuk memperhatikan 10 elemen penting berikut ini

1. Rencana Pengendalian
2. Standardisasi
3. Manajemen Visual (Housekeeping (5S)/ Kontrol Visual)
4. Mengurangi Limbah Manufaktur
5. Proofing Kesalahan
6. Analisis Penyebab Permasalahan
7. Pemecahan Masalah menggunakan alat Quality Control
8. Perbaikan Terus-menerus (Kaizen)
9. Analisis Kemampuan
10. Pengendalian Proses Statistik

Setelah semua elemen tersebut terpenuhi, seluruh organisasi akan menjadi lebih matang dan kuat. Ini semua tergantung pada tingkat penyebaran yang ada juga jarak antara ekspektasi dan realita. Lalu, bagaimana kita dapat menyelaraskan 10 elemen tersebut? Berikut 2 cara untuk bisa mencapainya:

• Pendidikan Dan Pelatihan
Melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan, sumber daya manusia di perusahaan Anda terlatih dengan baik, sejalan dengan tujuan perusahaan dan tercapainya operational excellence.
• Reward Dan Recognition
Penghargaan penting dilakukan kepada para pekerja agar mereka merasa dihargai atas pekerjaan yang telah mereka lakukan, sehingga mereka terus termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Jadi, bagaimana jika kita mengambil inisiatif tentang semua yang dijelaskan diatas, perihal sistem operasional excellence tanpa memastikan berjalannya elemen-elemen pendukungnya? Ya, sudah pasti hasilnya tidak seperti yang kita harapkan.

Semoga bermanfaat ya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*