fbpx

Beberapa cara ini bisa diterapkan di keseharian, seperti mengatur waktu dengan baik, menerapkan batasan, hingga memberikan reward atau penghargaan terhadap diri sendiri setiap menyelesaikan pekerjaan. Berikut beberapa cara mengatasi stres selama WFH yang perlu Anda ketahui:

Tips Agar WFH mu Tetap Menyenangkan dan Tak Membosankan

WFH – kerja wfh

Seperti yang kita tahu, Work From Home atau (WFH) adalah salah satu kegiatan yang saat ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Kebijakan WFH ini diberlakukan tidak lain setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang semakin meluas di masyarakat.

 

Keberadaan pandemi ini membuat masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, menjaga kebersihan serta mengurangi kontak dengan banyak orang untuk mencegah penularan virus Corona. Hingga kini, berbagai perusahaan dan lingkungan pekerjaan masih menerapkan WFH bagi setiap karyawannya. Mengingat, kasus positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak sehingga masih memberikan risiko besar penularan di masyarakat. Dengan begitu, kebijakan WFH yang masih dilakukan diharapkan bisa terus menggerakkan masyarakat untuk tetap produktif meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung.

 

Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang mengalami dampak stres selama menjalani kebijakan WFH. Seperti sulit berkonsentrasi karena lingkungan rumah yang kurang mendukung suasana kerja, sulitnya mengatur waktu bekerja dengan mengurusi pekerjaan rumah tangga, hingga semakin banyaknya tugas pekerjaan yang harus diselesaikan. Berbagai kondisi ini, tentu membuat pikiran semakin lelah dan suntuk hingga menimbulkan perasaan stres.

 

Jika memiliki permasalahan yang sama, Anda perlu mengetahui beberapa cara mengatasi stres selama WFH dengan baik dan efektif. Beberapa cara ini bisa diterapkan dalam keseharian untuk mengurangi dampak pikiran dan perasaan yang stres selama bekerja di rumah. Hal ini tentu baik dilakukan agar pekerjaan kantor dan urusan rumah dapat terselesaikan dengan baik.

 

Dilansir dari situs Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa cara mengatasi stres selama WFH yang perlu diketahui dan praktikkan.

 

Penyebab Stres Selama WFH

Stres – kerja wfh

Sebelum mengetahui beberapa cara mengatasi stres selama WFH dengan baik dan efektif, perlu diketahui terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi pemicu munculnya stres selama bekerja di rumah. berikut adalah beberapa penyebab stres selama WFH yang perlu Anda perhatikan:

  • Jam kerja di rumah lebih fleksibel namun bisa membuat Anda bekerja lebih lama dan menjadi tidak terstruktur.
  • Banyaknya gangguan yang datang dari lingkungan sekitar seperti anak-anak, teman, atau tetangga yang bisa mengganggu Anda saat bekerja di rumah.
  • Berbagai kegiatan di rumah yang dilakukan anggota keluarga lain juga bisa menimbulkan suasana yang tidak kondusif untuk bekerja.
  • Sulit menetapkan batasan dan mengatur waktu dengan baik antara pekerjaan dengan mengurus anak atau berbagai pekerjaan rumah lainnya.
  • Interaksi dengan orang luar atau dunia luar menjadi lebih terbatas selama WFH sehingga bisa menimbulkan perasaan bosan dan stres tersendiri.
  • Berbagai informasi dari perangkat ponsel yang berkaitan dengan pekerjaan juga bisa menimbulkan pikiran dan perasaan stres selama WFH.

 

Cara Mengatasi Stres Selama WFH

Atasi Stres – kerja wfh

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi sumber pemicu stres selama WFH, berikutnya akan dijelaskan beberapa cara mengatasi stres selama WFH dengan baik dan efektif.

Beberapa cara ini bisa diterapkan di keseharian, seperti mengatur waktu dengan baik, menerapkan batasan, hingga memberikan reward atau penghargaan terhadap diri sendiri setiap menyelesaikan pekerjaan. Berikut beberapa cara mengatasi stres selama WFH yang perlu Anda ketahui:

1. Atur Jadwal Dengan Baik.

jadwal – kerja wfh

Cara mengatasi stres selama WFH yang pertama bisa dilakukan dengan mengatur jadwal dengan baik. Dalam hal ini, Anda isa menetapkan batasan berapa jam waktu Anda bekerja dan pada pukul berapa Anda bisa beristirahat. Ini perlu dilakukan agar pekerjaan sehari-hari dapat terselesaikan dengan baik dengan waktu yang ideal dan tidak mengganggu jam istirahat yang dimiliki, Antara lain:

  • Bekerja di pagi hari agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan produktif.
  • Kerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu daripada mengerjakannya di akhir waktu yang justru dapat menimbulkan beban pikiran tersendiri.
  • Gunakan aplikasi untuk membantu Anda fokus dalam bekerja, seperti aplikasi yang dapat mengingatkan Anda untuk berhenti setelah terlalu lama bermain media sosial di tengah jam kerja.

 

2. Jaga Koneksi dengan Orang Lain.

jaga koneksi dengan teman – kerja wfh

Cara mengatasi stres selama WFH berikutnya yaitu dengan tetap menjaga koneksi dengan orang lain meskipun berada di rumah. Harus diakui, menghabiskan banyak waktu di rumah setiap hari juga memberikan pengaruh pada kondisi stres yang dialami. Di mana koneksi Anda dengan orang luar atau dunia luar menjadi terbatas, sehingga akan memberikan rasa bosan dan suntuk selama di rumah.

Dengan begitu, usahakan untuk tetap terhubung dengan orang luar seperti teman kerja, teman sepermainan, atau kerabat baik lainnya. Meskipun tidak bisa ke luar rumah, bisa melakukan ini dengan menggunakan teknologi seperti media sosial.

Jika diperlukan, buatlah grup dengan teman-teman dekat untuk tempat berkomunikasi menanyakan kabar satu dengan yang lain. Hal ini dinilai dapat mengurangi perasaan kesepian dan bosan yang muncul saat terlalu lama berada di rumah.

 

3. Beri Penghargaan Terhadap Diri Sendiri.

piala – kerja wfh

Cara mengatasi stres selama WFH selanjutnya yaitu dengan memberi penghargaan terhadap diri sendiri setelah bekerja. Anda bisa memberikan penghargaan kecil terhadap diri sendiri setelah selesai melakukan pekerjaan.

Seperti makan makanan lezat, menonton hiburan menarik, mendengarkan musik, bersantai dan bermain bersama anak, atau melakukan berbagai kegiatan lain yang menyenangkan. Hal ini dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan selama bekerja di rumah sehingga stres pun dapat berkurang.

4. Jangan Ragu untuk Mengatakan Tidak.

Cara mengatasi stres selama WFH yang tidak kalah penting adalah jangan ragu untuk mengatakan tidak jika mendapat tambahan pekerjaan. Jika Anda dihadapkan dengan banyak permintaan atau tugas kerja yang harus diselesaikan, Anda berhak menolak jika memang sudah tidak mampu dan waktu yang dimiliki semakin terbatas.

Jika terus mengiyakan permintaan, maka secara tidak langsung fisik dan pikiran Anda semakin terkuras untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan. Dengan begitu, utamakan kesehatan dan katakan tidak jika sudah tidak sanggup menyelesaikan tambahan pekerjaan.

5. Cukupi Kebutuhan Tidur dengan Baik.

tidur – kerja wfh

Cara mengatasi stres selama WFH yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur dengan baik. Tetapkan pukul berapa Anda harus tidur untuk beristirahat melepaskan rasa lelah dan penat selama seharian bekerja.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda menghindari penggunaan ponsel di saat jam tidur karena dapat membuat kualitas istirahat menjadi buruk. Bermain ponsel pada jam tidur dapat membuat Anda tetap terjaga akibatnya akan tidur di larut malam. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka jam tidur akan terganggu dan tubuh tidak akan mendapatkan energi cukup untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Selain tips di atas, Andapun bisa mengatasi stres akibat WFH dengan bersantai sejenak di taman mini rumah, bisa juga dengan berhenti sejenak dan nikmatilah udara sejuk sekitar rumah Anda. Jalan-jalan santai dan menikmati fasilitas di sekitar perumahan juga mampu membuat pikiran Anda kembali Fresh dan tenang. 

Apalagi jika Anda mempunyai unit di Dpark city malang. Selain memiliki belasan fasilitas umum yang mampu memenuhi kebutuhan para pemilik rumah, Dpark city malang juga memberikan banyak sekali kemudahan dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap. Gimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki unitnya? Yuk segera konsultasikan keinginan Anda dengan team executive marketing kami di nomor berikut ini ya

Semoga bermanfaat 😉 

Ingin Investasi / Beli Rumah Murah di Malang 100 Jutaan

Bisa Cicil Tanpa Sita

Cek Testimoni Yang Sangat Puas Dari Konsumen D'Jagad Land

KONSULTASI DESAIN GRATIS

Customer Service D’Jagad Land
Icha