fbpx

Agar komunikasi tersebut tetap lancar dan bisnis tetap terpantau dengan baik, berikut adalah 5 tips yang bisa kita lakukan agar tetap bisa berkomunikasi secara efektif dirumah pada saat wabah Covid-19.

Tips Mengawal Sebuah Bisnis Hanya Dari Rumah

Mempertahankan adanya komunikasi di perusahaan dalam kondisi pandemi corona ini membuat kita berpikir tentang bagaimana cara komunikasi bisnis ditengah corona terhadap klien atau karyawan kita meskipun hanya dari rumah bukan?

Seperti yang kita tahu, komunikasi yang lancar akan menghasilkan bisnis yang beroperasi secara lancar dan efektif kepada karyawan, klien juga investornya. Demi keselamatan masyarakat ataupun karyawan pemerintah akhirnya melakukan aturan kebijakan dalam memberikan pengarahan untuk setiap anggota masyarakatnya agar belajar, beraktivitas dan bekerja secara produktif dari rumah. 

Namun sebagai seorang pebisnis juga penting untuk bisa mengetahui kewajiban hukum di masa covid-19 ini. Himbauan yang seperti ini tak jarang membuat pebisnis maupun pengusaha mengalami kerugian sehingga menjadi krisis karena adanya keterbatasan kegiatan. Dengan hal ini banyak pengusaha harus menanggapi berbagai hal untuk memberikan informasi kepada karyawan bagaimana perusahaan dapat mempekerjakan karyawannya meskipun dari rumah.

Agar komunikasi tersebut tetap lancar dan bisnis tetap terpantau dengan baik, berikut adalah 5 tips yang bisa kita lakukan agar tetap bisa berkomunikasi secara efektif dirumah pada saat wabah Covid-19.

1. Buatlah Komunikasi Yang Terpusat

cara awal membuka usaha
komunikasi tim – cara awal membuka usaha

Komunikasi untuk sebuah tim pusat secara langsung dalam menerima informasi yang searah dan dapat secara langsung dilakukan maupun dimengerti dibutuhkan oleh setiap karyawan ataupun suatu tim.

Namun, dalam keadaan wabah virus Covid-19 diperlukan adanya sebuah tim pusat yang dapat memantau dan menjadi penerima sumber hasil informasi atau memberikan arahan secara terstruktur agar komunikasi secara tidak langsung dengan karyawan dapat diterima dan dilakukan secara baik.

Untuk merencanakan dan menjalankan suatu bisnis dibutuhkan adanya komunikasi antara atasan dengan bawahan setiap divisi. Setiap tim yang dibuat akan menjadi lebih efektif jika dibagi menjadi lima orang hingga tujuh orang seperti contoh Direktur, Eksekutif Marketing, Eksekutif SDM, Manager Finance, Manager Marketing, dan juga Kepala bidang IT.

Anda bisa melakukan cara ini untuk tetap membuat komunikasi tim pusat menjadi lebih efektif yaitu :

  • Berkomunikasi secara terstruktur dan menerima informasi secara bertahap untuk memantau situasi dan keadaan setiap kegiatan bisnis yang dilakukan karyawan.
  • Menerima sumber informasi secara rutin setiap kendala yang diterima dari setiap karyawan.
  • Memberikan informasi terbaru setiap kegiatan bisnis yang harus dilakukan oleh karyawan.
  • Menerima saran atau ide bisnis yang didapat secara terbuka dan memberikan tanggapan informasi yang didapat.
  • Membuat kesimpulan dan membuat hasil informasi secara ringkas dari setiap hasil kegiatan dari komunikasi yang diterima.

2. Komunikasi Bisnis dengan Karyawan Ditengah Wabah Corona

Komunikasi Tim 2 – cara awal membuka usaha

Melakukan komunikasi bisnis ditengah corona dengan karyawan sangat penting dalam memberikan informasi tertentu yang diterima dari tim pusat. Sebagai perantara, komunikasi ini sangat penting dibutuhkan setiap rekan kerja ataupun divisi lainnya.

Sehingga, kebutuhan perusahaan secara tepat dan dapat menempatkan kenyamanan kepada setiap karyawan untuk menerima dan menanggapi saran dan ide-ide bisnis baik yang terjadi dalam kondisi sekarang maupun dimasa depan. Maka kebijakan PHK di tengah corona, bukanlah hal yang tepat.

Untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan bisa dilakukan dengan langkah berikut :

  • Memberikan informasi terbaru untuk tim pusat secara teratur yang didapat dari media sosial.
  • Memberikan informasi kepada tim pusat berbagai keadaan yang dialami dalam melakukan suasana pekerjaan yang didapat seperti diperjalanan ataupun bekerja dirumah.
  • Berkomunikasi rutin secara setiap hari. Anda dapat memaksimalkan aplikasi saat bekerja dari rumah untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja Anda.
  • Memberikan informasi secara tepat waktu dan tidak terlambat memberikan hasil informasi atau pemikiran tentang hal yang baru.

3. Berkomunikasi Secara Teratur dengan Klien (Konsumen)

Kedekatan dan perhatian perusahaan dengan pelanggan atau customer sangat dibutuhkan, berbeda penerapan dalam berkomunikasi antara klien maupun dengan karyawan. Untuk itu diharapkan perusahaan lebih memperhatikan pelanggan bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Fokus pada kepentingan pelanggan. Seperti contoh barang yang diberikan peningkatan pembersihan pesanan, penambahan karyawan dalam pengambilan pesanan, dan peningkatan pelayanan.
  • Memberikan bantuan bila sangat dibutuhkan. Seperti contoh diberikan asuransi dalam pengiriman barang yang sangat penting ataupun bernilai lebih.
  • Memberikan perhatian yang lebih kepada pelanggan, dan menahan penawaran terkait penjualan yang ditawarkan. Seperti contoh melayani dalam bentuk, video call jika ada sesuatu yang bersifat seperti meeting dapat digantikan dengan meeting virtual.

Untuk bisa meningkatkan hubungan yang levih baik dengan tim sebaiknya lalukan langkah sebagai berikut :

  • Bersikap lebih peduli dan berguna bagi tim untuk memberikan pembersih Hand-sanitaizer ataupun makanan yang sehat dan bergizi untuk rekan kerja lainnya.
  • Memberikan informasi yang diterima dari setiap media dalam memberikan saran untuk kenyamanan bagi rekan kerja dan meningkatkan penilaian untuk tim.
  • Menerima informasi dan pemikiran secara terbuka tentang yang terjadi didalam perusahaan dan tidak membocorkan informasi diluar perusahaan.

Ketika mendapati hasil dengan ketidakpastian dalam suatu bisnis ditengah krisis virus corona, para pebisnis perlu mengetahui bagaimana cara komunikasi menjadi efektif bagi suatu karyawannya. Dengan memberikan perhatian yang lebih kepada karyawan sangat dibutuhkan dari pada mengkhawatirkan suatu hal kesalahan yang tidak bisa diprediksi. 

Dalam kondisi seperti ini perusahaan mewajibkan untuk saling memberikan informasi untuk memberikan informasi sebanyak yang diketahui dalam berbagai hal seperti lebih waspada terhadap kesalahan dan tidak tergesa-gesa pada dampak yang dimiliki.

Salah satu penunjang komunikasi bisnismu tetep berjalan adalah dengan manfaatkan aplikasi meeting online seperti google meets, zoom, trello, Monday, ataupun Whatsapp group call. Apalagi jika Anda sedang berlibur atau menikmati liburan di Djagad villa, dengan fasilitas penunjang komunikasi dan akses internetnya yang ada, Andapun akan tetap bisa memantau perusahaan Anda agar tetap terkawal.

Yuk, rencanakan liburan Anda dan keluarga dengan menginap di Djagad villa. Selain fasilitas yang lengkap, dekat dengan lokasi wisata hits di kota batu dan tersedianya villa dengan private pool, akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat menjalani hari dan tetap bisa mengontrol usaha Anda tetap berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat .

Ingin Rumah Yang Bisa Menghasilkan Passive Income?

Silahkan pelajari lebih lanjut perumahan kami yang ada di batu,dengan memiliki villa di batu anda mendapatkan passive income tiap bulannya yang didapat dari hasil sewa kelola, silahkan kunjungi info lengkapnya disini : https://djagadbatu.com

Review Rumah Villa Di Batu Harga Mulai 400 Jutaan Ada Garansi Sewa Kelola

Ingin Investasi / Beli Rumah Murah di Malang 100 Jutaan

Bisa Cicil Tanpa Sita

Cek Testimoni Yang Sangat Puas Dari Konsumen D'Jagad Land

KONSULTASI DESAIN GRATIS

Customer Service D’Jagad Land
Icha