fbpx

sudah pasti kita sebagai investor berharap akan mendapatkan keuntungan dari apa yang kita investasikan kan?

Wajib Tahu! Berikut Adalah Tips Investasi Rumah Dengan Benar

Arah hadap rumah sangat menentukan kenyamanan untuk penghuninya? Selain bisa menentukan harga jual, arah hadap rumah juga sebaiknya sesuai dengan yang direkomendasikan oleh para arsitek. Lantas, bagaimana cara menentukan arah yang baik untuk rumah tinggal?

Banyak sebagian dari orang lebih memilih hunian yang menghadap ke timur. Karena rumah yang arahnya hadap timur, mendapatkan sinar matahari di pagi hari lebih banyak yang tentunya baik untuk kesehatan. Namun, hal tersebut terkadang tidak menjamin posisi rumah yang nyaman. Panas matahari sebetulnya sangat dibutuhkan dalam sebuah bangunan, tapi tidak boleh berlebihan.

Pasalnya, hal tersebut akan mengurangi kenyamanan dalam rumah Anda. Sebaliknya, sinar matahari sangat dibutuhkan untuk membantu Anda menghemat penggunaan energi listrik pada siang hari di dalam rumah. Arah hadap rumah sebenarnya bisa disiasati dengan pengolahan bentuk bangunan yang tepat. Misalkan bangunan berbentuk persegi panjang, orientasi terhadap mataharinya lebih menentukan bila dibandingkan dengan bangunan berbentuk bujur sangkar.

Anda bisa memperhatikan sudut jatuh cahaya matahari. Semakin tinggi cahaya matahari, maka semakin besar pula energi panas yang ditimbulkan di dalam rumah. Oleh karena itu, sisi bangunan yang sempit harus diarahkan pada posisi matahari rendah. Jadi, jika sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam rumah, pasti akan berpotensi mengurangi kenyamanan para penghuninya.

Nah, agar bisa mendapatkan kenyamanan secara maksimal, Anda harus mencermati struktur bangunan sedari awal. Langkah pertama yang paling sederhana adalah mengatur posisi jendela pada sisi bawah bidang dinding. Artinya, Anda harus bisa mengakomodasi masukan cahaya dengan memperhatikan kebutuhan ruang di dalamnya.

Atur desain dan posisi bukaan, tempatkan banyak jendela pada sisi timur agar memberikan kemudahan untuk cahaya matahari pagi masuk. Yang terpenting, usahakan semua ruangan mendapat bukaan dan terhubung dengan ruangan di luar.

Langkah selanjutnya untuk menyiasati arah hadap rumah yang salah adalah dengan mengatur tata letak ruang secara tepat. Hindari menempatkan kamar tidur yang menghadap ke barat karena bagian ini bakal menghubungkan langsung kamar dengan sinar matahari di sore hari. Pada sore hari, panas matahari banyak masuk dari arah barat dan akan terasa sampai malam. Artinya, walau matahari telah terbenam, suhu dalam ruangan yang masuk dari arah barat masih tinggi.

Bagaimana bila rumah Anda menghadap ke arah barat, jangan khawatir. Ini bisa di siasati dengan beberapa tips, salah satunya dengan menempatkan area basah pada sisi barat. Untuk bangunan bertingkat, sebaiknya buat lubang void agar memberikan ruang bagi pergerakan udara. Keberadaan taman kering, kolam renang, atau ruang terbuka, di tengah ruangan bisa menciptakan lubang masuk cahaya matahari sekaligus memberikan napas pada ruangan. 

Jangan lupa untuk memberikan jarak antara bangunan dan batas lahan sehingga cahaya matahari dapat leluasa masuk ke dalam. Penerapan rumah tanpa penyekat juga bisa membantu memberi efek lapang pada hunian.

Nah, setelah tahu tentang tips menentukan hadap rumah yang terbaik. Semoga bisa membantu Anda untuk menentukan bangunan rumah tinggal Anda ya.

Semoga bermanfaat.

Ingin Rumah Yang Bisa Menghasilkan Passive Income?

Silahkan pelajari lebih lanjut perumahan kami yang ada di batu,dengan memiliki villa di batu anda mendapatkan passive income tiap bulannya yang didapat dari hasil sewa kelola, silahkan kunjungi info lengkapnya disini : https://djagadbatu.com

Review Rumah Villa Di Batu Harga Mulai 400 Jutaan Ada Garansi Sewa Kelola

Ingin Investasi / Beli Rumah Murah di Malang 100 Jutaan

Bisa Cicil Tanpa Sita

Cek Testimoni Yang Sangat Puas Dari Konsumen D'Jagad Land

KONSULTASI DESAIN GRATIS

Customer Service D’Jagad Land
Icha